Selasa, 23 November 2010

Kejuaraan Panjat Tebing Tingkat Pelajar se-Balikpapan, Umum serta TNI-Polri Piala Pangdam VI/Tpr Ditulis Oleh Penerangan Kodam VI/Mulawarman

 
ImageBalikpapan (8/3), Sukses menggelar kejuaran berbagai event cabang olahraga, Kodam VI/Tpr kembali menggelar Lomba Panjat Tebing Tingkat Pelajar se-Balikpapan yang bertajuk lomba panjat tebing Piala Pangdam VI/Tpr selama dua hari. Lomba tersebut yang berlangsung di Arena Panjat Tebing Kompleks Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) mulai hari Sabtu (6/3) hingga Minggu (7/3) dengan koordinator Mayor Inf Jones Sasmita yang sehari-hari menjabat Wakil Batalyon 600/Raider.
      Selain diikuti kategori pelajar lomba tersebut juga diikuti dari anggota FPTI   Balikpapan dan Kutai Kertanegara  serta  TNI dan Polri se-Kaltim. Peserta lomba yang mengikuti  Lomba panjat tebing tersebut terdiri 66 anggota militer dan 46 peserta dari pelajar dengan total peserta 112 orang. Kegiatan lomba panjat tebing yang memperebutkan  piala Pangdam VI/Tpr tersebut digelar dengan bekerjasama Pengurus Cabang Federasi Panjat Tebing Indonesai (Pengcab FPTI) Kota Balikpapan yang melombakan untuk kategori kelas umum yang diikuti puluhan pemanjat junior se-Balikpapan.
      Kegiatan lomba tersebut dibuka langsung oleh Ketua Harian KONI Balikpapan HM Rizal Effendi SE yang juga menjabat Wakil Walikota Balikpapan dengan dihadiri  Pangdam VI/Tpr Mayjen TNI Tono Suratman, serta sejumlah pejabat  Kodam VI/Tpr lainnya. Sesuai rencana Kejuaraan tersebut akan melombakan dua kategori, lead (jalur rintisan) dan speed (jalur kecepatan).
      Menurut Ketua Panitia lomba Mayor Inf Jones Sasmita, kegiatan tersebut baru pertama kali digelar dan merupakan wujud perhatian Pangdam TNI Tono Suratman terhadap perkembangan olahraga di Kalimantan Timur karena olahraga Cabang panjat tebing, merupakan olahraga yang sangat erat kaitanya dengan dunia kemiliteran.
Sample Image
      “Dalam keseharian kami, panjat tebing juga sangat mendukung. Dalam materi program satuan yang kami gunakan, panjat tebing berhubungan dengan materi mountaineering (pendakian gunung) yang merupakan materi dasar kemiliteran,” ujarnya.
      Ajang kompetisi ini, menurut  Mayor Inf Jones Sasmita sebagai upaya mempopulerkan panjat tebing di kemiliteran. Selain itu, khusus sebagai cabang olahraga yang sekarang sudah dilombakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON), kegiatan ini juga memiliki arti penting untuk mencetak atlet. “Kami pikir banyak dari anggota militer yang memilliki kemampuan keolahragaan, salah satunya panjat tebing. Dan tidak menutup kemungkinan kami bisa mewakilkan anggota kami sebagai atlet Kaltim nantinya,” ucap Jones Sasmita.
       “Kami juga sangat peduli dengan pembinaan olahraga ini khusunya di tingkat junior. Kaltim punya nama besar di tingkat nasional dan asia. Ini yang membuat kami tergerak untuk bisa ambil bagian dalam pembinaan panjat tebing. Melihat animo besar yang ditunjukkan peserta, kemungkinan tahun depan kami akan menjadikan kegiatan ini lebih besar. Kalau bisa tingkat nasional,” ujar Jones.
      Sementara dalam kejuaraan panjat tebing piala Pangdam VI/Tpr tahun 2010 tersebut para pemenang lomba mendapatkan tropi serta uang pembinaan dari Pangdam VI/Tpr yang diserahkan oleh panitia serta para pengurus FPTI Kota Balikpapan.
      Mereka yang berhak mendapatkan tropi dan uang pembinaan dari Pangdam VI/Tpr untuk kelompok militer kategori Speed adalah juara I M Gunawan dari Brimob Polda Kaltim, juara II Prada Julius dari Yonif 600/R, juara III Prada Firmansyah dari Denrudal 002 Bontang. Kategori Lead adalah Juara I M Gunawan dari Brimob Polda Kaltim, juara II Pratu Adi Widodo dari Denrudal 002 Bontang, juara III Pratu Hari Jumianto dari Denrudal 002 Bontang.
Sample Image
      Dari kelompok pelajar SLTA putra kategori speed juara I Angga Cahaya dari SMA Negeri 3 Balikpapan, juara II Pangeran Sapto dari SMKN I Balikpapan, juara III M Alamsyah dari SMKN I Balikpapan. Kategori lead juara I M Alamsyah dari SMKN I Balikpapa, juara II Pangeran Sapto dari SMKN I Balikpapan, juara III Angga Cahya dari SMAN 3 Balikpapan.
      Kelompok SLTA putri kategori speed juara I Ira Ariyani SMAN 5 Balikpapan, juara II Melyana dari SMAN 7 Balikpapan, juara III Yuni Muhayati dari SMA 7 Balikpapan. Kategori Lead juara I Ira Ariyani SMAN 5 Balikpapan, juara II Melyana dari SMAN 7 Balikpapan, juara III Yuni Muhayati dari SMA 7 Balikpapan.
      Kelompok SLTP putra kategori speed juara I Satrio Purnomo dari SMPN 18, juara II Jamal Alhadad dari SMPN 3, juara III Adam Jordan dari SMPN 12. Kategori Leed juara I jamal Alhadad SMPN 3, juara II Satrio Purnomo SMPN 18, juara III Adam Jordan dari SMPN 12.
      Kelompok SLTP putri kategori Kategori Spead Juara I Fingki Aprilia SMPN 18, juara II Yanti K. D dari SMPN Al-Hasan,. Ketigori Lead juara I Fingki Aprilia SMPN 18, juara II Rusdiana SMPN 15, juara III Yanti K. D dari SMPN Al-Hasan.
      Kelompok SD putra kategori speed juara I M Arif Prasetyo dari SD Patra Dharma, juara II Firdaus dari SD Patra Dharma, juara III Akbar dari SDN 001 Makasar. Kategori Lead juara I M Arif Prasetyo dari SD Patra Dharma, juara II Firdaus dari SD Patra Dharma, juara III Gilang SDN 012.
      Kelompok SD putri Kategori speed juara I Novi Cahyo Wardani dari SDN 030, juara II Eva Dahliyanti SDN 030, juara III Nova Bina Wardani dari SDN 030. Kategori lead juara I Novi Cahyo Wardani dari SDN 030, juara II Eva Dahliyanti SDN 030, juara III Nova Bina Wardani dari SDN 030.
      Dikelompok umum kategori speed putra juara I Angga Cahya dari FPTI Balikpapan, juara II Pangeran Sapto dari FPTI Balikpapan, juara III Hendri Oensjar dari FPTI Kukar. Kategori spead putrid juara I Maria Nasution dari FPTI Kukar, juara II Novi Cahyo Wardani dari FPTI Balikpapan, juara III Sri Sulastri dari Borneo Land.
(Penerangan Kodam VI/Tpr) 

http://www.kodam-mulawarman.mil.id/content/view/762/52/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar