Selasa, 23 November 2010

PERINGATAN 50 TAHUN YONIF 600 RAIDER DI LEBANON

 

Prajurit Batalyon Infanteri 600 Raider Kodam VI/Tanjungpura yang tergabung dalam Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C/Unifil memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke 50 di Lebanon Selatan, bertempat di Rubb Hall, Markas Indobatt UN POSN 7-1, Adshit al Qusayr, Rabu 2 September 2009.   Batalyon yang terpilih sebagai pemenang lomba Pembinaan Satuan (Binsat) TNI AD tahun 2008 ini, merupakan kekuatan inti dari Satgas Konga XXIII-C  yang berjumlah 850 personel. Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Mars Yonif 600 Raider, dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat satuan,  sambutan  Ketua Panita dan Komandan Satgas Konga XXIII-C/Unifil, pemotongan  tumpeng  ditutup dengan doa.   Selanjutnya kegiatan ini dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat Tarawih berjamaah yang juga dihadiri oleh Komandan Kontingen Garuda di Lebanon, Kolonel Inf Bambang Sudiono yang menjabat sebagai Wakil Komandan Sektor Timur Unifil.  

Dalam sambutannya Komandan Satgas Konga XXIII-C/Unifil yang juga mantan Komandan Batalyon 600 Raider,  Letnan Kolonel Inf  R. Haryono mengatakan bahwa sejak lahirnya hingga berusia 50 tahun Batalyon Infanteri 600/Raider yang semula bernama Batalyon Infanteri Lintas Udara (Yonif Linud) 612/Modang telah banyak melaksanakan tugas operasi  dalam  negeri  mulai  dari  penumpasan PRRI Permesta hingga operasi di Timor-Timur dan Penumpasan GAM di Aceh, namun baru kali ini tergabung dalam Operasi Perdamaian Dunia di bawah bendera PBB.   Pernyataan ini langsung disambut tepuk tangan oleh para prajurit yang  mayoritas berasal dari satuan yang bermottokan Cepat Senyap Tepat.     R. Haryono sendiri adalah pejabat Danyon 600  Raider yang berhasil membawa satuan ini menjadi juara I lomba Binsat TNI AD tahun 2008,  hingga mendapatkan  kesempatan  untuk berangkat ke Lebanon menggantikan Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-B/Unifil  yang  telah berakhir masa tugasnya pada Desember 2008.  



Peringatan ke 50 tahun Batalyon Infanteri 600 Raider Kodam VI/Tanjungpura di Lebanon  berjalan dengan  tertib dan khitmad, meskipun dilakukan secara sederhana namun para prajurit Raider 600 dan perwakilan anggota satgas yang hadir tampak mengikuti acara tersebut dengan seksama.    Mayor Inf Jones Sasmita selaku ketua panitia sekaligus perwira tertua dari Yonif 600 Raider, mengingatkan anak buahnya untuk tetap semangat dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai penjaga perdamaian di Lebanon Selatan.     Jones sendiri selaku Wakil Komandan Batalyon Infanteri 600 Raider, dalam organisasi satgas  menjabat sebagai Kepala Seksi 4/Logistik (Kasilog) sedangkan Dansatgas Konga XXIII-C/Unifil, Letnan Kolonel Inf R. Haryono saat ini menjabat sebagai Perwira Pembantu Madya Operasi (Pabandya Ops) Kodam VI/Tanjungpura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar