Selasa, 23 November 2010

10 Petinju Yonif 600/Raider dipersiapkan Ikut Kejurda



BALIKPAPAN– Pertina Balikpapan menggembleng 12 petinju untuk dipersiapkan dalam Kejurda di Tarakan Jumat (23/4 2010) mendatang. Ke-12 petinju itu kini menjalani pemusatan latihan di Lanal Balikpapan. Kalau tak ada kendala, mereka akan bertolak ke Tarakan pada Kamis (22/4), sehari sebelum kejuaraan dihelat. Ketua Umum Pertina Balikpapan Karmin Laonggeng menuturkan, 12 orang yang dipersiapkan itu merupakan hasil seleksi.
Mereka nantinya akan dipersiapkan juga untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Bontang. Kejuaraan daerah di Tarakan, diibaratkan sebagai turnamen pemanasan sebelum mereka mengikuti Porprov. Karmin – sapaan akrab Karmin Laonggeng – menuturkan, dirinya mempersiapkan atlet tinju itu mulai dari nol. Bahkan, kejuraan daerah ini merupakan ajang yang pertama kali diikuti oleh para petinju tersebut.
Tetapi, dia memiliki harapan yang sangat besar. Sebab, sejak awal seleksi, sudah terlihat potensi yang cukup besar. “Dari 12 atlet tinju yang kami pilih. Sepuluh di antaranya berasal dari Yonif 600/Raider. Mereka sudah memiliki mental yang baik. Sisanya, teknik pukulan, bertahan dan menyerang diberikan dalam sesi latihan. Selama ini, mereka menunjukkan kemampuan yang bagus,” kata Karmin.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua Harian Pertina A’an Amsing Gabriel menuturkan, pemusatan latihan sudah dimulai sejak 14 Maret silam. Atlet-atlet yang lolos seleksi ini merupakan yang terbaik dikelasnya, saat seleksi lalu. Dari kemampuan para atlet yang berhasil dijaring, pihaknya pun mematok 2 emas dalam Kejurda di Tarakan. Target yang dipatok itu bukan asal-asalan.
Pihaknya sudah membaca kekuatan lawan dan membandingkannya dengan kemampuan atlet yang dimilikinya. “Ya, ini target yang cukup realistis. Kami menerjunkan atlet di tingkat senior dan junior. Ada 8 atlet yang terjun di berbagai kelas senior. Sisanya, turun di kelas junior,” ucap A’an, sapaan akrabnya. A’an menambahkan, selama pemusatan latihan di Lanal Balikpapan itu, seluruh atlet dari kesatuan 600/Raider maupun sipil diinapkan di mes Lanal.
Itu dimaksudkan agar para atlet lebih fokus dan serius menghadapi pertandingan. Selama masa pemusatan tersebut, semua kebutuhan para petinju dipenuhi oleh Ketua Umum Karmin Laonggeng. Mulai dari kebutuhan makanan sampai perlengkapan latihan. Sebagian, ada juga yang berasal dari Lanal Balikpapan. “Lanal ini sudah seperti markas petinju Balikpapan, Setiap ada pemusatan latihan, tempatnya pasti di sini,” ucapnya lagi.
Selama pemusatan latihan, ada empat pelatih yang rutin menggembleng para petinju tersebut. Selain A’an yang turun langsung, ada juga Komisi Teknik Pertina Surya Nasution yang ikut menggembleng. Lalu, ada juga pelatih Aman Budi dan Rusli. Dua pelatih itu didampingi oleh asisten Herad Wadudi.
Nama terakhir merupakan mantan petinju yang berasal dari Yonif 600/Raider. “Yah, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Danyon 600/Raider Letkol (Inf) Joko Suprayoto. Beliau memberikan dukungan penuh ketika kami mencari bibit atlet dari kesatuannya,” kata A’an lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar